TUGAS II
BAHASA INDONESIA 2
Buatlah essay maksimal 2 halaman termasuk daftar pustaka:
Topik: promosi
DEFINISI
PROMOSI
promosi merupakan kegiatan pemasaran dan penjualan dalam
rangka menginformasikan dan mendorong permintaan terhadap produk, jasa, dan ide
dari perusahaan dengan cara memengaruhi para konsumen agar mau membeli produk
dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan.
TUJUAN PROMOSI
mengenalkan produk-produk perusahaan kepada konsumen agar
konsumen memahami produknya, merubah sikap konsumen tentang produk yang
ditawarkan, kemudian konsumen menyukai dan yakin terhadap produk tersebut dan
akhirnya konsumen mengkonsumsi produk tersebut.
JENIS
KEGIATAN PROMOSI:
*Periklanan
(Advertising), yaitu bentuk promosi non personal dengan menggunakan berbagai
media yang ditujukan untuk merangsang pembelian. Periklanan menawarkan suatu
produk kepada konsumen dengan cara mengemukakan alasan supaya membeli Penjualan
Tatap Muka
*(Personal
Selling), yaitu bentuk promosi secara personal dengan presentasi lisan dalam
suatu percakapan dengan calon pembeli yang ditujukan untuk merangsang pembelian
atau kegiatan mempromosikan suatu produk
dengan cara mendatangi ke tempat konsumen berada, oleh seorang
wiraniaga/salesperson. Dengan adanya kontak langsung antara wiraniaga dan
konsumen, maka terjadilah komunikasi dua arah.
*Publisitas
(Publisity), yaitu suatu bentuk promosi non personal mengenai, pelayanan atau
kesatuan usaha tertentu dengan jalan mengulas informasi/berita tentangnya (pada
umumnya bersifat ilmiah) atau merupakan usaha untuk merangsang permintaan dari
suatu produk secara non personal yang bersifat komersial. Tentang produk
tersebut di media cetak dan media elektronik, maupun hasil wawancara yang
ditampilkan dalam media tersebut. Cara ini sangat baik untuk memperkenalkan
perusahaan atau produk yang dihasilkan, karena publisitas dapat mencapai
pembeli yang potensial yang tidak dapat dicapai dengan advertensi dan personal
selling.
*Promosi
Penjualan (Sales Promotion), yaitu suatu bentuk promosi diluar ketiga bentuk
diatas yang ditujukan untuk merangsang pembelian. Promosi penjualan menawarkan
suatu produk dengan cara memberikan perangsang supaya membeli. Perangsang ini
bisa berupa uang, barang atau pelayanan tambahan lainya yang biasanya tak
disertakan bersama produk tersebut
SUMBER:
2. http://dilihatya.com/1151/pengertian-promosi-menurut-para-ahli
No comments:
Post a Comment