Wednesday, January 23, 2013

MANUSIA DAN HARAPAN
  • Nilai-nilai budaya sebagai patokan harapan adalah Budaya politik yang mempunyai sikap mental yang absolut memiliki nilai-nilai dan kepercayaan yang. dianggap selalu sempurna dan tak dapat diubah lagi. Usaha yang diperlukan adalah intensifikasi dari kepercayaan, bukan kebaikan. Pola pikir demikian hanya memberikan perhatian pada apa yang selaras dengan mentalnya dan menolak atau menyerang hal-hal yang baru atau yang berlainan (bertentangan). Budaya politik yang bernada absolut bisa tumbuh dari tradisi, jarang bersifat kritis terhadap tradisi, malah hanya berusaha memelihara kemurnian tradisi. Maka, tradisi selalu dipertahankan dengan segala kebaikan dan keburukan. Kesetiaan yang absolut terhadap tradisi tidak memungkinkan pertumbuhan unsur baru.
Sumber : http://riskynurhikmayani.blogspot.com/2012/07/budaya-politik-di-indonesia.html.
  • Makna harapan adalah Harapan seperti api lilin kehidupan ditengah gelapnya malam. Ia menjadi imaji, pemantik terang, dan penenang sukma. Dengan harapan, semua manusia menambah keberaniannya. Dan dengan harapan pula, manusia percaya pada cita-cita. Harapan mengubah ketidakpastian menjadi peluang. Harapan juga yang menggeser paradigma sebuah ketidakmungkinan.
Sumber : http://ryanalfiannoor.wordpress.com/2011/12/16/tentang-makna-harapan/.
  • Makna kepercayaan adalah Sekali berbohong, selanjutnya sulit untuk dipercaya”
    kurang lebih begitulah kalimat yang sering kita dengar tentang kepercayaan. Mahalnya harga kepercayaan ini membuat mereka yang telah pernah mematahkan kepercayaan menjadi nyaris patah arang untuk mendapatkannya lagi. (terutama bagi mereka yang sering bolak balik ga amanah)
    sebenarnya.. bukanlah kesulitan terbesar untuk mendapatkan kepercayaan itu. tapi mempertahan kepercayaan yang telah didapat itulah ujian yang sangat sulit.
    Ibarat sebuah kaca… Jangan kan memperbaiki kepercayaan yang sudah pecah, yang baru retak sedikit aja akan tampak cacatnya bila kita memperbaikinya dan tentunya kekuatannya tak sama seperti semasa masih utuh.kepercayaan tentu bisa saja diperbaiki (diraih kembali) tentu dengan waktu yang tak sebentar, dan tergantung pribadi yang telah merusaknya.sebesar apa usahanya untuk memperbaiki dan mendapatkan kepercayaan itu kembali.
Sumber : http://ayamketawakonters.wordpress.com/2012/04/30/352/.

Ilmu Budaya Dasar 4

23 Jan MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP
  • Makna pandangn hidup dan ideologi adalah Setiap manusia mempunyai pandangan hidup. Pandangan hidup itu bersifat kodrati. Karena itu menentukan masa depan seseorang. Untuk itu perlu dijelaskan pula apa arti pandangan hidup. Pandangan hidup artinya pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan, petunjuk hidup di dunia. Pendapat atau pertimbangan itu merupakan hasil pemikiran manusia berdasaikan pengalaman sejarah menurut waktu dan tempat hidupnya. Ideology berasal dari bahasa Yunani dan merupakan gabungan dari dua kata yaitu edios yang artinya gagasan atau konsep dan logos yang berarti ilmu. Pengertian ideology secara umum adalah sekumpulan ide, gagasan, keyakinan dan kepercayaan yang menyeluruh dan sistematis. Dalam arti luas, ideology adalah pedoman normative yang dipakai oleh seluruh kelompok sebagai dasar cita-cita, nila dasar dan keyakinan yang dijunjung tinggi.
Sumber : -dwiariyanilylaku.blogspot.com/…/manusia-dan-pandangan-hidup.html. , -id.shvoong.com › … › Perkumpulan & Berita › Barang Baru , http://angga12casidy.wordpress.com/2011/03/22/tugas-ibd-6-%E2%80%9D-manusia-dan-pandangan-hidup-%E2%80%9C/.
  • Makna cit-cita adalah Cita-cita adalah suatu impian dan harapan seseorang akan masa depannya, bagi sebagian orang cita-cita itu adalah tujuan hidup dan bagi sebagian yang lain cita-cita itu hanyalah mimpi belaka.
Sumber : http://humanforest.blogspot.com/2005/08/arti-sebuah-cita-cita.html.
  • Makna kebijakan adalah Kebajikan atau kebaikan atau perbuatan yang mendatangkan kebaikan pada hakekatnya sama dengan perbuatan moral, perbuatan yang sesuai dengan norma-norma agama dan etika. Makna kebajikan Manusia berbuat baik, karena menurut kodratnya manusia itu baik, mahluk bermoral. Atas dorongan suara hatinya manusia cenderung berbuat baik Manusia adalah seorang pribadi yang utuh yang terdiri atas jiwa dan badan.
Sumber : http://okky125.blogspot.com/2012/06/pengertian-tentang-kebajikan.html#!/2012/06/pengertian-tentang-kebajikan.html.
  • Makna sikap hidup adalah prilaku kita di kehidupan kita sehari-hari seperti apa. Apa slalu bersabar atau suka marah-marah atau slalu bersikap sopan santun di lingkungan sekitar.
  • Hubungan manusia dan pandangan hidup adalah Manusia adalah makhluk Tuhan yang diberikan akal dan pikiran, serta hati.secara psikologi karakter manusia terbentuk dari tiga unsur, yaitu pikiran, hati nurani, dan hawa nafsu. Pandangan hidup adalah sikap manusia yang paling mendasar dalam menyikapi setiap hal yang terjadi dalam hidupnya, baik itu berupa masalah, tugas, tantangan dan segala yang dilakukannya manusia pasti mempunyai pandangannya masing – masing.
Sumber : -http://achmadsaugi.wordpress.com/2010/05/11/hubungan-manusia-dan-pandangan-hidup/ , http://abdirachmadi.blogspot.com/2012/04/hubungan-antara-manusia-dan-pandangan.html.

No comments:

Post a Comment